Tuesday, June 22, 2010

Membuat Web Social Network yang Mirip Dengan Facebook

Social Networking CSFishbuk

Situs / website Social Networking adalah merupakan situs interaksi di Internet yang dimana user (pengguna internet) dapat mendaftar di situs tersebut dan menggunakan fitur-fitur social network serta melakukan interaksi dengan user lainnya. Umumnya, situs social network menyediakan fitur untuk membuat data profile.
Berikut merupakan rangking Web Social Networking menurut toptenreviews.com :

1. Facebook (Facebook.com)
2. Myspace (myspace.com)3. Bebo (bebo.com)
4. Friendster (Friendster.com)
5. Hi5 (hi5.com)
6. Orkut (Orkut.com)
7. Perfspot (perfspot.com)
8. Yahoo! 360 (360.yahoo.com)
9. Zorpia (zorpia.com)
10. Netlog (netlog.com)

Facebook merupakan Social Network yang memiliki user terbanyak dan fitur terlengkap. Bahkan situs jejaring tersebut mendapatkan posisi teratas (no. 1) versi toptenreviews.com. Tapi belakangan ini user Facebook telah mengalami penurun akibat berbagai Polemik isu hingga kejenuhan para penggunanya. Sehingga banyak yang hengkang dari pelayanannya. Mungkin pemirsa merupakan salah satunya?
Pada beberapa waktu yang lalu, muncul sebuah Site Social Network bernama Millatfacebook (MFB) yang menurut kabarnya dibuat oleh mahasiswa Pakistan (Sebuah negara yang telah memblokir facebook). MFB memiliki tampilan yang mirip dengan Facebook. Hal tersebut sangat menarik perhatian saya. Dan saya ingin membuatnya juga.
Ditengah-tengah kesibukan yang super padat, saya mencoba menyempatkan waktu sedikit melakukan replanning, resketching, redesign, recoding, rescripting, recreation dan re re lainnya untuk memodifikasi dari sebuah bundel script Nulled Social Engine. Penyatuan kode-kode PHP, HTML, design Tampilan dan translate dsb. Akhirnya setelah kurang lebih dikit 5 hari terciptalah sebuah situs social networking yang bener-bener hampir nyaris mirip nyerempet Facebook, yang saya beri nama CSFishbuk [http://cs.fishbuk.com] (Jreeengg.. tat..tram => OST. Mission Imposible). Namanya mirip dengan toko online saya Fishbuk (www.fishbuk.com).

CSFishbuk ini beralamat di : cs.fishbuk.com (Silahkan Pemirsa mendaftar secara gratis)



Saya akui bahwa website jejaring sosial / social networking yang saya buat tersebut masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, saya butuh masukan, kritik kripik pedas, saran, perhatian, sumbangan ataupun santunan agar karya ini menjadi karya yang dapat dimanfaatkan dengan baik. Selama seminggu ke depan web CSFishbuk ini akan melakukan Trial Online (siaran percobaan) silahkan pemirsa sekalian mengunjungi, menilai dan menyampaikan kepada saya via comment di bawah ini agar ada perbaikan.

Selain itu saya juga menawarkan kepada pemirsa blog MJ ini, jika ada yang berminat untuk bergabung bersama dalam mengembangkan
CSFishbuk. saya persilahkan, kita akan membuat tim yang solid.. Semoga karya anak bangsa ini bisa berguna bagi Indonesia (sebuah negara besar dalam potensi besar dan sedang butuh dukungan dari Rakyatnya untuk bersatu dan berkarya mengembalikan kejayaannya) dan dapat bersaing dengan lainnya. MERDEKAAAA!!!!






*catatan : Indonesia tahun '95 kebawah (80an) menjadi salah satu negara IT termaju, banyak dari orang Luar Negeri belajar IT di Indonesia pada saat itu. sekarang kebalikannya. sumber : majalah komputer jadul.



UPDATE :: UNTUK CF.FISHBUK (BETA) TELAH DISEMPURNAKAN DAN AKAN BERGANTI NAMA SERTA TAMPILAN... TUNGGU KELANJUTANNYA YA...







14 komentar :

Mantab2.... Mantab2.... Mantab2....
adminnya dah ada siapa aja om... ???

sudah seharusnya kita bersaing kembali dengan negara lainnya

saya sudah daftar, tolong dong bikin tutorial membuat social networking seperti itu :D

This comment has been removed by the author.

ane juga bikin gan..pke null se,. http://roskom.us/ :)

wah...... gimana caranya om????? ajarin dong!

kok udah g online c mas....
bangkrut yc

Sorry, Bro2 sekalian... Webnya sudah saya jual (diakuisisi) orang laen... Tapi nanti saya mau buat yang baru lagi, yg lebih keren.. Tunggu yak... :))
Comiing SuĂșn dah...

kunjungan ,,,sore saya juga punya web kaya gitu malah kerjaan saya buat web kaya gini....

saya punya ide membuat situs social network yg lain dari fb,,, dan saya yakin usernya gak bakalan jenuh,, tapi saya trkendala dgn masalh pemrogramam,,karna sya msh newbie di komputer,,, ada yg mw bantu gk???? di bayar ato bagi hasil kepemilikan tserah agan... kalo ada yg bminat email saya di riobagindo@gmail.com ,,, skedar sharing jg boleh.....

Post a Comment

“Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S. an-Nahl: 18).

“Dan tiap-tiap orang memperoleh derajat (seimbang) dengan apa yang dikerjakannya. Dan Tuhanmu tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.” (Q.S Al-An’ aam : 132).

diriwayatkan dari Asma binti Abu Bakar ra. : Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, "jangan kau tahan uangmu (untuk bersedekah sebab bila kau lakukan itu), Allah akan menahan Anugerah-Nya darimu". (H.R Al Bukhari)

“Kebajikan yang ringan adalah menunjukkan muka berseri-seri dan mengucapkan kata-kata yang lembut” ― Umar bin Khattab

Tahan menderita kepahitan hidup sehingga penderitaan menjadi kekayaan adalah bahagia. (Hamka Ali bin Abi Thalib)

"A SMART PERSON LEARNS FROM MISTAKES, A WISE PERSON LEARNS FROM THE MISTAKES OF OTHERS"

"A GOOD PLAN FOR TODAY IS BETTER THAN A PERFECT PLAN FOR TOMORROW"

“Beri aku sesuatu yang sulit, dan aku akan belajar.” ~Andrea Hirata~

Orang yang mulia adalah orang yang sibuk mencari kekurangan diri sendiri dan memperbaikinya.(Abdullah Gymnastiar)

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil(Mario Teguh)

Innovation distinguishes between a leader and a follower. (Steve Jobs)

You've always been a very special only one (Jatilaksono)