Monday, June 14, 2010

Merubah Foto Wajah Menjadi Animasi 3D

Menjelang Presentasi Engineering : Kontruksi Layout Hatchery pada beberapa waktu yang lalu, ada beberapa mahasiswa praktikum saya (praktikan) di luar jam praktikum menanyakan tentangbagaimana cara membuat komponen-komponen 3D dalam GoogleSketchup untuk melengkapi Layout Hatchery yang mereka buat. Dipenghujung diskusi ada yang menanyakan bagaimana membuat manusia/orang dalam bentuk 3D. Sekilas pertanyaan tersebut mengingatkan saya akan software yang bernama 3DMeNow!. Software ini saya Demokan saat praktikum Engineering Aquaculture 2010.Dahulu kala waktu masih muda dulu (ehmm,, sekarang masih muda juga) ketika menjabat sebagai Pimpinan Redaksi (PimRed) Majalah BARIS 49, saya juga pernah menyumbang Artikel tentang review dan sekilas tutorial software 3DMeNow ini untuk mengisi rubrik SAINS di BARIS 49 Edisi 23/tahun III/Februari 2005.. Bagi para pelanggan BARIS 49 silahkan langsung di cek ke TKP ya..
Software ini digunakan untuk merubah Foto Close up wajah/kepala kita menjadi karakter Animasi tiga dimensi (3D) dengan cepat dan mudah. Dalam pengoperasiannya, kita hanya membutuhkan foto close up wajah tampak dari depan dan samping kanan. Kemudian garis dan point-point diletakkan di setiap garis wajah sehingga terbentuk visualisasi 3D di Front window panel. Window program panel 3DmeNow dibagi menjadi 3 bagian, yaitu Front window (tempat editing point tampak depan), Right profile window (tempat editing point tampak samping kanan)dan 3D preview window (Tempat tampilan hasil permodelan 3D).

Dalam software ini kita bisa membuat karakter 3D kita lebih menarik dengan menambahkan aksesoris berupa Perubahan bentuk Rambut (Tombol Hair) dan Kacamata (Tombol Spectacles).


Membuat Kepala 3D Kita berbicara.

Untuk membuat kepala 3D Qta berbicara, klik tombol Animate di bagian atas window. Untuk memudahkan proses editing, sembunyikan Front window dan Right profile window dengan mengklik menu Window=> 3D. Untuk menambahkan animasi bersuara, pertama-tama qta harus menyiapkan file suara yang hendak kita masukan. File ini berformat .WAV. Nah dengan cara ini qta juga bisa membuat kepala 3D tsb bernyanyi, ngomel, cemberut dll.
Kita juga dapat memasukan suara yang Qta rekam lewat microphone. Untuk merekam klik tombol Record di bagian atas window.

Nah, untuk membuat agar animasi kita tidak terlihat janggal, kita perlu memasukkan beberapa emosi, seperti sedih, senang, marah, takut, kaget, deelel. Untuk memasukan emosi, klik pada Emoticons window.


Pemirsa akan melihat beberapa jenis emosi yang dilambangkan dengan kepala berwarna biru (suprised, happy, said,...). Cara memasukannya ke dalam kepala dengan cara men-drag(tekan mouse dan ditahan) iconnya dan di drop (dilepaskan) di atas window suara
Di bagian window bawah terlihat suara yang tadi kita rekam. Untuk memutar animasi ini, klik tombol Play.

Pada saat animasi dijalankan, pemirsa akan mendengar suara yang tadi direkam sekaligus juga melihat kepala model menggerak-gerakan bibir seakan-akan mengucapkan kata-kata tsb. 3DmeNow secara otomatis mendeteksi suara yang diucapkan dan menggerakan mulut dari kepala 3D kita.

Selain dapat memasukan emosi, pemirsa juga dapat memasukkan morp-morp icon. Morp icon adalah fasilitas yang sama dengan emosi. Namun, selain menggerakan wajah untuk melakukan emosi tertentu, morp mengubah bentuk wajah menjadi bentuk-bentuk yang lucu dan imud seperti gorilla, alien, burung, deelel.


Untuk mendownload 3DMENow : click here to DOWNLOAD 3DMENow
File dalam bentuk zip
Password ekstrak : marsandrejatilaksono.com

Jika link di atas broken, silahkan laporkan via komen (isi komentar) di bawah ini...







21 komentar :

jgn pake ziddu napa ndre
niat cari duit nih
ahahahahhahah

_guntur raharjo_

btw gw jg ada ni progie
cm belomsempet nyoba
:D

_guntur_

@BDP 45 :: tenkyu ya
@guntur :: haha.. namanye jg usaha... lumayan bwt bayar kosan..

cara savenya gimana bos..http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/102.gif

hasil filenya bisa di pakai di 3ds max ga nih?

ko filenya rusak ya?? di Instal ko ga' mau? :-/

:: zak ::

q buat kok hasilx berantakan, posisi wajah ga bs pas2 trs.,q sampe cape' belajarx.. :-(

Masih sperti diatas..,
save'nya gk bisa boz.., gk bisa diklik

@moenjlaib : oo itu masih Trial berarti,, jadi belum bisa di-save..

kok abis saya download , pas buka file nya minta password iia ?? pass nya apa om ??

gan sekarang linknya broken gan, kalo masih ada mohon diperbaiki gan

makasih

Linknya rusak bro , lagi butuh nih software

Plis benerin linknya kang, mau download tapi gk bisa kang

Post a Comment

“Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S. an-Nahl: 18).

“Dan tiap-tiap orang memperoleh derajat (seimbang) dengan apa yang dikerjakannya. Dan Tuhanmu tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.” (Q.S Al-An’ aam : 132).

diriwayatkan dari Asma binti Abu Bakar ra. : Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, "jangan kau tahan uangmu (untuk bersedekah sebab bila kau lakukan itu), Allah akan menahan Anugerah-Nya darimu". (H.R Al Bukhari)

“Kebajikan yang ringan adalah menunjukkan muka berseri-seri dan mengucapkan kata-kata yang lembut” ― Umar bin Khattab

Tahan menderita kepahitan hidup sehingga penderitaan menjadi kekayaan adalah bahagia. (Hamka Ali bin Abi Thalib)

"A SMART PERSON LEARNS FROM MISTAKES, A WISE PERSON LEARNS FROM THE MISTAKES OF OTHERS"

"A GOOD PLAN FOR TODAY IS BETTER THAN A PERFECT PLAN FOR TOMORROW"

“Beri aku sesuatu yang sulit, dan aku akan belajar.” ~Andrea Hirata~

Orang yang mulia adalah orang yang sibuk mencari kekurangan diri sendiri dan memperbaikinya.(Abdullah Gymnastiar)

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil(Mario Teguh)

Innovation distinguishes between a leader and a follower. (Steve Jobs)

You've always been a very special only one (Jatilaksono)