Saturday, May 12, 2012

Menyelamatkan Webblog PAK OMBAK FPIK IPB 2009

Webblog PAK OMBAK FPIK IPB 2009 (Pendamping Anggota Kelompok Orientasi Mahasiswa Baru Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor 2009) diperbaiki / diselamatkan.

Pemirsa MJ sekalian dimana pun Anda berada. Apakah Anda memiliki webblog? Dan dilengkapi oleh berbagai widget/plugins/module/block atau dengan theme baru?
Tentunya pemirsa yang memiliki webblog, ingin memiliki tampilan yang menarik, selain itu adanya fitur-fitur yang menarik pula. Saat ini sudah banyak sekali theme/template webblog dari berbagai jenis webblog, bertebaran di dunia maya yang bisa diimplantasi di webblog Anda, mulai dari yang FREE hingga PREMIUM (berbayar).  Begitupula dengan fitur-fitur webblog dalam bentuk widget/plugins/module/block dan sejenisnya banyak sekali bertebaran di dunia maya.

Saya hanya mengingatkan Pemirsa untuk perlu hati-hati karena theme ataupun fitur webblog yang Anda implan bisa jadi memiliki Vulnerability (kelemahan) keamanan yang rentan. Namun ada juga Vulnerability yang sengaja ditanamkan melalui theme/template atau widget yang sering disebut sebagai Backdoor Script (Skrip celah). Backdoor Script inilah yang menyebabkan DOS (Denial of System) sehingga memungkinkan seorang Hacker (peretas) yang mengetahui adanya script Backdoor tersebut akan masuk ke dalam sistem webblog terutama ke panel admin. Selanjutnya tergantung dari jenis hacker-nya, jika Hacker Putih tentunya secara jujur akan menghubungi admin webblog untuk memberi info tentang adanya celah tersebut tanpa merusak, Hacker Abu-abu akan sedikit “iseng” namun tetap akan memberitahu kepada admin, Hacker Black akan memanfaatkan celah tersebut untuk kepentingannya seperti melakukan implan kode atau me-redirect yang dapat meningkatkan web rating webnya dan sebagainya. Namun, jika yang menyusup adalah seorang atau sekelompok Cracker (Hacker perusak) tentunya akan membuat hal-hal yang merugikan, contohnya kasus  yang sering terjadi adalah melakukan Deface (merubah tampilan) web.  Tampilan web akan dirubah dengan gambar atau tulisan yang telah diinjeksikan oleh Cracker yang seringnya berbeda sama sekali dari konten web yang sebenarnya. Terkadang seorang Cracker meletakkan gambar-gambar/teks aneh atau bahkan yang tidak senonoh. Sehingga menyebabkan menurunnya kredibilitas pengunjung web, dsb.

Awal bulan Mei 2012, Alhamdulillah berhasil memperbaiki webblog PAK OMBAK FPIK IPB 2009 (Pendamping Anggota Kelompok Orientasi Mahasiswa Baru Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Institut Pertanian Bogor 2009) yang telah di-hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kejadian di-hacknya sebenarnya terjadi pada tahun 2011 dan saya pun telah diingatkan oleh beberapa teman yang juga merupakan personil PAK OMBAK FPIK IPB 2009. Karena pada saat itu kesibukan saya sebagai Manajer salah satu Perusahaan Swasta di Jakarta-Indonesia sangat padat sehingga saya belum bisa memprioritaskan untuk memperbaikinya. Pada saat itu pun saya berfikir, bahwa event kegiatan tersebut pun sudah berlalu, sehingga tidak terlalu penting untuk diperbaiki.

Namun, pada akhir bulan April 2012 kemarin, saya kembali “di-ingatkan” tentang PAK OMBAK 2009 oleh salah satu peserta OMBAK 2009 yang tidak lain adalah anggota kelompok yang saya arahkan/bina saat ombak 2009, melalui sebuah comment di salah satu status TL akun Facebook saya. Pada saat itu juga, dibenak saya terlintas masalah webblog PAK OMBAK FPIK IPB 2009 yang telah di-hack, dan kesadaran pun muncul karena sebenernya kasus itu juga merupakan tanggung jawab sosial saya, bukan hanya kapasitas saya sebagai mantan kordinator PAK OMBAK 2009, tetapi juga sebagai generasi pendahulu yang mempunyai kewajiban mentransfer ilmu pun materi terkait ke generasi penerus. Dulu ketika masih sangat aktif berkecimpung di belantika organisasi,  saya punya pandangan :

Keberhasilan suatu organisasi bukan terletak pada suksesnya kegiatan-kegiatan/agenda-agenda besarnya, bukan dari selesainya program-program kerjanya, bukan pula bertambahnya jumlah kas ataupun SDM, bukan pula prestasi personil/individu di dalamnya, NAMUN ketika rahim organisasi tersebut melahirkan Generasi Penerus yang berkualitas minimal JAUH LEBIH BAIK , Maka menurut saya itulah Organisasi yang telah berhasil.
WalaUpun terkadang sering terjadinya Crash antara pendahulu dan penerus karena perbedaan pandangan pun sensitif angkatan/generasi, namun selama masih dalam koridor positif, itu masih dalam dinamika yang wajar.
Kesuksesan Generasi Penerus adalah Kesuksesan Generasi Pendahulu, Kegagalan Generasi Penerus bisa jadi kegagalan Generasi Pendahulu.


Oleh karena itu, saya Marsandre Jatilaksono mohon maaf untuk semua generasi penerus di berbagai wadah/organisasi/pergerakan jika saya lalai dalam kewajiban mentransfer ilmu/pengalaman yang telah saya peroleh sebelumnya. Sekali lagi saya Marsandre Jatilaksono sangat-sangat minta maaf yang sedalam-dalamnya..  Afwan Jiddan..  I deeply Aplogize..  Boku wa Honto Hontonii Gomenasai yo..  Ich entschuldige mich zutiefst..
Pun khusus kepada penerus FPIK IPB, yang seharusnya saya bisa langsung memperbaiki webblog PAK OMBAK 2009 dengan segera sehingga bisa menjadi sarana/media sharing ataupun bekal,

Saat ini, webblog PAK OMBAK FPIK IPB  2009 telah diperbaiki namun hanya 70% konten yang bisa diselamatkan.  Saya juga mencoba dan mengajak rekan-rekan terkait untuk men-trace data yang mungkin masih tersimpan sehingga bisa di-upload di web tersebut untuk dapat dilihat, dievaluasi, diperbaiki dan dijadikan inspirasi bagi generasi penerus dalam kegiatan selanjutnya terutama dalam kegiatan OMBAK di masa mendatang.

 Silahkan di cek webblog PAKnya di TKP :   http://tkp.marsandrejatilaksono.com/wwkyb









0 komentar :

Post a Comment

“Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (Q.S. an-Nahl: 18).

“Dan tiap-tiap orang memperoleh derajat (seimbang) dengan apa yang dikerjakannya. Dan Tuhanmu tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan.” (Q.S Al-An’ aam : 132).

diriwayatkan dari Asma binti Abu Bakar ra. : Nabi Muhammad Saw pernah bersabda, "jangan kau tahan uangmu (untuk bersedekah sebab bila kau lakukan itu), Allah akan menahan Anugerah-Nya darimu". (H.R Al Bukhari)

“Kebajikan yang ringan adalah menunjukkan muka berseri-seri dan mengucapkan kata-kata yang lembut” ― Umar bin Khattab

Tahan menderita kepahitan hidup sehingga penderitaan menjadi kekayaan adalah bahagia. (Hamka Ali bin Abi Thalib)

"A SMART PERSON LEARNS FROM MISTAKES, A WISE PERSON LEARNS FROM THE MISTAKES OF OTHERS"

"A GOOD PLAN FOR TODAY IS BETTER THAN A PERFECT PLAN FOR TOMORROW"

“Beri aku sesuatu yang sulit, dan aku akan belajar.” ~Andrea Hirata~

Orang yang mulia adalah orang yang sibuk mencari kekurangan diri sendiri dan memperbaikinya.(Abdullah Gymnastiar)

Tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, karena didalam mencoba itulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil(Mario Teguh)

Innovation distinguishes between a leader and a follower. (Steve Jobs)

You've always been a very special only one (Jatilaksono)